Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator.
Dalam merumuskan indikator pembelajaran di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seorang guru memerlukan kata kerja operasional ( KKO ) sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator.
Dalam merumuskan indikator pembelajaran di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seorang guru memerlukan kata kerja operasional ( KKO ) sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.
NO | ASPEK | KOMPETENSI | INDIKATOR KOMPETENSI |
1 | Kognitif | Knowledge (Pengetahuan) | Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberi nama, memberi label, dan melukiskan. |
Comprehension (Pemahaman) | Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan. | ||
Application (Penerapan) | Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung. | ||
Analysis (Analisis) | Menguraikan, membagi-bagi, memilih, dan membedakan. | ||
Synthesis (Sintesis) | Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan. | ||
Evaluation (Evaluasi) | Mengkritisi, menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi. | ||
2 | Afektif | Receiving (Penerimaan) | Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan. |
Responding (Menanggapi) | Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan. | ||
Valuing (Penanaman nilai) | Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan, dan melakukan. | ||
Organization (Pengorganisasian) | Memverifikasi, menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi. | ||
Characterization (Karakterisasi) | Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini | ||
3 | Psychomotor (gerak jiwa) | Observing (Pengamatan) | Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi |
Imitation (Peniruan) | Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah model. | ||
Practicing (Pembiasaan) | Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten. | ||
Adapting (Penyesuaian) | Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model. |
Demikian sedikit informasi tentang KKO ( Kata Kerja Operasional ) yang saya peroleh dari beberapa sumber bacaan dan hasil browsing google di internet. Semoga bermanfaat.
Bukannya sekarang sudah ada edisi revisi Gan untuk KKO taksonomi bloom nya....
BalasHapuskalau ada IDM boleh dong dikasihkan>>>>>>>>>>>>
BalasHapushallooooo....................
BalasHapushaiii...ganteng
BalasHapusartikel yang sangat bagus
BalasHapusartikel yang sangat membantu
BalasHapus