6 Mar 2012

KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK MERUMUSKAN INDIKATOR KOMPETENSI DI RPP

     Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
     Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator.  
     Dalam merumuskan indikator pembelajaran di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seorang guru memerlukan kata kerja operasional ( KKO ) sebagai langkah konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.   
    
 NO
      ASPEK
     KOMPETENSI
                                                                        INDIKATOR KOMPETENSI
   1
Kognitif
Knowledge (Pengetahuan)
Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberi nama, memberi label, dan melukiskan.
Comprehension (Pemahaman)
Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan.
Application (Penerapan)
Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung.
Analysis (Analisis)
Menguraikan, membagi-bagi, memilih, dan membedakan.
Synthesis (Sintesis)
Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.
Evaluation (Evaluasi)
Mengkritisi, menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi.
2
Afektif
Receiving (Penerimaan)
Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.
Responding (Menanggapi)
Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.
Valuing (Penanaman nilai)
Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan, dan melakukan.
Organization (Pengorganisasian)
Memverifikasi, menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi.
Characterization (Karakterisasi)
Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini
3
Psychomotor (gerak jiwa)
Observing (Pengamatan)
Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi
Imitation (Peniruan)
Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah model.
Practicing (Pembiasaan)
Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.
Adapting (Penyesuaian)
Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model.

     Demikian sedikit informasi tentang KKO ( Kata Kerja Operasional ) yang saya peroleh dari  beberapa sumber bacaan dan hasil  browsing google di internet. Semoga bermanfaat.

Reaksi:

Posted by : Didik Haryono ~ Berbagi Informasi Seputar Pendidikan dan Pembelajaran di sekolah

Artikel KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK MERUMUSKAN INDIKATOR KOMPETENSI DI RPP ini diposting oleh Didik Haryono pada tanggal 6 Mar 2012. Terima kasih atas Kunjungan Anda serta mohon keikhlasan hati Anda untuk meng "KLIK" beberapa iklan yang ada di blog ini demi kelangsungan blog ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

6 komentar:

  1. Bukannya sekarang sudah ada edisi revisi Gan untuk KKO taksonomi bloom nya....

    BalasHapus
  2. kalau ada IDM boleh dong dikasihkan>>>>>>>>>>>>

    BalasHapus
  3. hallooooo....................

    BalasHapus
  4. haiii...ganteng

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...