Berbagi informasi seputar pendidikan dan pembelajaran

25 Mar 2012

PERSIAPAN UNTUK MENGIKUTI PLPG

      Pengumuman hasil UKA sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2012 sudah lewat, untuk yang lolos tentunya sekarang mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti PLPG. Apa saja sebenarnya yang perlu kita persiapkan untuk menghadapi PLPG. Bukannya saya sok tahu lho, cuma katanya beliau-beliau yang sudah lolos PLPG, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menggali  informasi dan sekaligus meminjam bahan referensi ke beliau-beliau yang baru selesai mengikuti PLPG. Dari beliaunya kita akan mendapatkan gambaran tentang situasi dan kondisi sebenarnya pada saat PLPG dan kira-kira apa yang kita perlu persiapkan untuk mengatasinya.
      Kebetulan nih, saya sudah dapat pinjaman modul dan buku referensi dari Bapak KS saya. Beliau sudah lolos PLPG tahun 2011 kemarin. Dari buku panduan pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan yang saya pinjam, saya baca ketentuan-ketentuan bagi peserta PLPG. Mungkin ada sobat Bloggur (blogger guru) yang pengin tahu, ini dia ketentuannya.
1. Peserta PLPG membawa ASKES (bagi yang memiliki);
2. Masing-masing peserta yang mengalami gangguan kesehatan khusus, sebaiknya membawa obat-obatan yang sudah biasa digunakan/didapat dari Dokter;
3. Setiap peserta dari guru kelas dan guru mata pelajaran harus membawa LAPTOP, kurikulum, buku,  referensi , contoh silabus, contoh RPP, dan kertas folio A4 untuk mencetak hasil workshop.
4. Setiap peserta wajib membawa buku referensi, terutama guru BK wajib membawa referensi, terutama guru BK wajig membawa referensi khusus, contoh rencana program layanan dan bimbingan, contoh laporan pelaksanaan bimbingan , data-data relevan, contoh laporan/proposal PT/PTK, dan diharapkan membawa LAPTOP, serta kertas folio A4 untuk mencetak hasil workshop.
5. Setiap peserta PLPG diharapkan membawa berbagai media terkait mapelnya, yang rencananya akan digunakan untuk kegiatan peer teaching dan ujian praktik.
   
      Ketentuan-ketentuan diatas adalah ketentuan yang berlaku untuk peserta PLPG kuota 2011 Rayon 142 Universitas Adi Buana Surabaya. Untuk ketentuan rayon-rayon yang lain dan PLPG kuota 2012 ini saya belum tahu. Mungkin sedikit banyak pasti ada kesamaannya.
      Demikian sedikit informasi mengenai persiapan menghadapi PLPG, semoga bermanfaat bagi sobat-sobat Bloggur (blogger guru). Selamat berjuang untuk menjadi guru yang profesional !

Sumber : Buku Panduan Pelaksanaan Sergur dalam Jabatan 2011- Rayon 142.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog