Berbagi informasi seputar pendidikan dan pembelajaran

31 Okt 2012

PROPOSAL PTK UNTUK PLPG ( IPA SD )

     Untuk persiapan teman-teman Guru yang belum melaksanakan PLPG, kali ini saya postingkan contoh proposal PTK. Silakan cermati, siapa tahu teman-teman membutuhkan. Kata orang sedia payung sebelum hujan. Persiapan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan lebih baik daripada mendadak. Proposal ini hanya sebagai perbandingan/acuan bagi teman-teman dalam menyusun proposal nanti di PLPG. Jadi proposal ini belum tentu benar. Karena di PLPG kita harus mematuhi aturan yang telah dibuat Bapak Tutor/Dosen masing-masing kelas.




PROPOSAL

A. Judul
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKAT-KAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SD N PAOPALE LAOK 2 KETAPANG SAMPANG

B. Bidang Kajian
Peningkatan Hasil Belajar

BAB I
A. Pendahuluan
1.  Latar Belakang
            Berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD / MI dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah bahwa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA di SD / MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
           Mata pelajaran IPA di SD / MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut : a) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya. b) Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep – konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. c) Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat. d) Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan. e) Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam. f) Meningkatkan  .......dst.

Anda tertarik untuk membaca PTK ini seutuhnya, silakan download lewat link di bawah ini !

                                                  PTK UNTUK PLPG ( IPA SD)
           
Share:

1 komentar:

Arsip Blog