30 Mar 2012

ASPEK PENILAIAN RPP UNTUK PLPG

     Dalam pelaksanaan PLPG, sebagaimana dalam pembuatan proposal PTK, ada aspek-aspek yang akan dijadikan  pedoman bagi penilai/instruktur untuk menilai RPP yang dibuat oleh peserta PLPG. Jadi, apabila peserta ingin mendapat nilai yang maksimal dari RPP yang dibuatnya maka RPP tersebut harus memenuhi aspek-aspek/kriteria penilaian yang telah dibuat oleh Penilai/Instruktur.
     Untuk pelaksanaan PLPG tahun 2011 kemarin (semoga tahun 2012 ini tidak jauh berbeda), aspek- aspek penilaian dalam membuat RPP adalah sebagai berikut :

1. Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung peri- 
    laku hasil belajar. 
    Catatan dari modul :
    - Perumusan tujuan harus memenuhi kriteria ABCD - A=Audience,B=Behavior,C=Condition,D=Degree
2. Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik).
    Catatan dari modul :
    - Materi ajar harus memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk
       butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
3. Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika, materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu).
4. Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik).
    Catatan dari modul :
    - Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber
       belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan
       Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, maka dalam RPP harus dicantumkan
       bahan ajar yang sebenarnya.
    - Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file, folder, penyimpanan dan
       bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
5. Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti, dan penutup ).
    Catatan dari modul :
    a. Kegiatan awal
    - Orientasi : memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan diajarkan, dengan cara me-
       nunjukkan benda yang menarik, illustrasi, slide animasi, dll.
    - Apersepsi : memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.
    - Motivasi : guru memberikan gambaran manfaat dari mempelajari materi yang diajarkan.
    - Pemberian acuan : memberikan penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
    - Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar (sesuai
      dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
    b. Kegiatan Inti
    - Berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik.
    - Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat menunjukkan perubahan
       perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.
    - Kegiatan inti biasanya dilengkapi dengan LKS, baik yang berjenis cetak maupun non cetak.
    c. Kegiatan Penutup
    - Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman / simpulan.
    - Guru memeriksa hasil belajar peserta didik (dapat berupa tes tertulis ataupun tes lisan).
    - Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah (PR),
       atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan.
6. Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap
    tahap)
    Catatan dari modul :
    - Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau
       pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
    - Cantumkan pendekatan pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembela-
       jaran peserta didik:
       a. Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya : pendekatan proses, konstektual, pembelajaran
           langsung, pemecahan masalah, dsb.
       b. Metode-metode yang digunakan, misalnya : ceramah, inkuiri, observasi, tanya jawab, e-learning,dsb.
7. Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran.
8. Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran).

     Demikian sedikit tentang aspek-aspek yang dijadikan pedoman untuk penilaian RPP di PLPG. Ringkasan diatas merupakan catatan belajar saya untuk menghadapi PLPG 2012, yang saya ringkas dari dari Buku Modul dan Panduan Pelaksanaan Sergur tahun 2011. Jadi mohon maaf bila banyak kekurangan
atau salah dalam penafsiran. Semoga bermanfaat khususnya bagi saya sendiri, dan pembaca pada umumnya.      

Reaksi:

Posted by : Didik Haryono ~ Berbagi Informasi Seputar Pendidikan dan Pembelajaran di sekolah

Artikel ASPEK PENILAIAN RPP UNTUK PLPG ini diposting oleh Didik Haryono pada tanggal 30 Mar 2012. Terima kasih atas Kunjungan Anda serta mohon keikhlasan hati Anda untuk meng "KLIK" beberapa iklan yang ada di blog ini demi kelangsungan blog ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...